Pasar Kripto Anjlok, $500 Miliar Hilang dalam 3 Hari!

idkrip - Pasar cryptocurrency baru saja mengalami penurunan tajam selama tiga hari berturut-turut, mengakibatkan penurunan market cap sebesar $510 miliar sejak 2 Agustus. Penurunan ini terjadi bersamaan dengan penurunan kinerja ekuitas, di mana S&P 500 turun sebesar 4,4% dalam periode yang sama.

Penurunan pasar ini dipicu oleh data ketenagakerjaan yang lemah, pertumbuhan yang melambat pada saham teknologi utama, dan kekhawatiran tentang resesi yang kembali muncul. Beberapa perusahaan besar seperti Microsoft dan Intel melaporkan hasil kuartal kedua yang lebih rendah dari perkiraan, dan Nvidia mengalami penurunan akibat pemotongan suku bunga yang akan datang pada September, yang membuat modal mengalir kembali ke perusahaan kecil yang tertinggal.
Terakhir kali pasar kripto mengalami penurunan sebesar ini dalam tiga hari adalah pada pertengahan Agustus 2023. Harga Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH) juga mengalami penurunan tajam pada 5 Agustus, masing-masing turun 10% dan 18%. Dalam tujuh hari terakhir, BTC dan ETH masing-masing turun 20% dan 28%.
Solana Layer-1 Network (SOL) menjadi kripto paling terpuruk di antara 10 token terbesar berdasarkan market cap, turun 30,6% sejak 30 Juli. Beberapa komentator pasar menyebutkan bahwa penjualan besar-besaran oleh Crypto Jump turut memperburuk situasi, dengan firma perdagangan tersebut menjual aset senilai ratusan juta dolar dalam beberapa hari terakhir, menurut data dari Arkham Intelligence.
Indeks Crypto Fear & Greed, yang melacak sentimen pasar terhadap Bitcoin dan kripto, kembali ke wilayah “Fear” dengan skor 26 pada saat publikasi, menurut Alternative.me.

Lalu?
Pasar kripto menghadapi minggu yang sulit lagi. Banyak kerugian akhir pekan perlu didukung oleh peningkatan aktivitas spot dan derivatif dari institusi keuangan tradisional. “Bitcoin telah memasuki CME Gap, tetapi secara teknis, hanya dapat diisi selama jam perdagangan TradFi,” tulis Keith Alan, salah satu pendiri trade resources Material Indicators, dalam postingan terbarunya di X pada 4 Agustus.
Penurunan tajam ini menunjukkan betapa rapuhnya pasar kripto terhadap berbagai faktor eksternal, baik itu data ekonomi, kinerja perusahaan besar, maupun tindakan entitas besar seperti Crypto Jump. Para investor perlu lebih waspada dan siap menghadapi volatilitas yang tinggi di masa mendatang. Stabilitas pasar masih menjadi tantangan besar, dan bagaimana faktor-faktor ini berkembang akan sangat mempengaruhi pergerakan pasar ke depan.

Sumber :
https://coinmarketcap.com/community/id/articles/66b0ccaadd87a150551bca51/

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama