Bitcoin Stabil di Atas $66.000 Saat Ketua Fed Powell Pertimbangkan Pemotongan Suku Bunga dan Menolak CBDC

Ketua Federal Reserve, Jerome Powell, menyatakan kemungkinan pemotongan suku bunga pada pertemuan September mendatang jika tren inflasi yang melandai terus berlanjut. Pernyataan ini muncul setelah data terbaru menunjukkan penurunan inflasi mendekati target 2% Fed, sementara tingkat pengangguran sedikit meningkat di atas 4%.
Powell mengatakan, “Jika tes ini terpenuhi, pengurangan suku bunga kebijakan kami bisa menjadi opsi pada pertemuan berikutnya di bulan September.” Pernyataan ini mengindikasikan potensi perubahan kebijakan moneter, tergantung pada data ekonomi yang sesuai dengan ekspektasi Fed.
Meski mengalami sedikit volatilitas selama pidato Powell, Bitcoin tetap stabil di atas $66.000, diperdagangkan pada $66.140 menurut data CryptoSlate. 
Dalam pernyataan kebijakan Fed yang dirilis pada hari Rabu, Powell menegaskan mandat ganda Fed untuk memaksimalkan lapangan pekerjaan dan memastikan stabilitas harga. Powell menjelaskan bahwa bank sentral akan mengadopsi pendekatan “berbasis data, tetapi tidak bergantung pada titik data tertentu” dalam menentukan kapan akan memangkas suku bunga.
Indeks harga konsumsi pribadi (PCE), ukuran inflasi pilihan Fed, menunjukkan kenaikan tahunan sebesar 2,5% pada Juni. Para ekonom saat ini memantau laporan non-farm payrolls yang akan datang, yang diharapkan menunjukkan perlambatan dalam perekrutan.
Meskipun Fed mempertahankan suku bunga acuan pada kisaran 5,25% hingga 5,50% pada hari Rabu, kemungkinan pemotongan suku bunga sebesar 25 basis poin sedang dipantau ketat oleh pasar. Powell meremehkan kemungkinan pemotongan sebesar 50 basis poin yang lebih besar, menyatakan bahwa “ini bukan sesuatu yang sedang kami pertimbangkan saat ini.”
Setelah pernyataan Powell, indeks S&P 500 memperpanjang kenaikannya sebesar 2,1%, sementara Nasdaq composite melonjak 3,1%. Kedua indeks tersebut bergerak di atas rata-rata pergerakan 50 hari mereka. Imbal hasil Treasury 10 tahun turun ke 4,1%, mendekati level terendah sesi.
Powell juga menegaskan bahwa Fed tidak memiliki rencana untuk menerbitkan mata uang digital bank sentral (CBDC) dan tidak akan meminta wewenang tersebut dari Kongres. Ia mengatakan, “Dalam hal CBDC, sebenarnya tidak ada yang terjadi... Tidak ada yang di sini yang memutuskan bahwa ini adalah ide yang baik.”
Namun, Powell menambahkan bahwa Fed terus mengikuti perkembangan CBDC di bank sentral lainnya di seluruh dunia dan mencatat bahwa beberapa negara sedang berusaha untuk sepenuhnya menerapkan CBDC di ekonomi lokal mereka.

Sumber :
https://cryptoslate.com/bitcoin-holds-steady-as-fed-chair-powell-hints-at-rate-cuts-in-september-reiterates-no-plans-for-cbdc/

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama